Gambar levitasi itu seperti kalau kita melihat sebuah pertunjukan sulap dalam sebuah foto. banyak yang merasa seakan tidak percaya.

Jika kita mencari di internet tentang apa itu fotografi levitasi, maka akan kita temukan menemukan foto yang luar biasa. Namun, fotografi levitasi tidak begitu populer sebab cukup sulit untuk kita praktekkan. Dan jika kita mengetahui bentuk dasarnya, maka sebenarnya itu hanya sebuah teknik menggabungkan dua atau lebih gambar dengan menggunakan software edit gambar seperti Adobe Photoshop dan sejenisnya.

  1. Ciptakan sebuah adegan

Tidak memerlukan kamera yang mahal untuk bisa melakukannya, bahkan kamera handphone pun bisa anda gunakan. Buatlah adegan yang anda inginkan. Pikirkan berbagai posisi yang berbeda di mana Anda dapat membuat model Anda melayang di udara.

o Menggunakan tali atau kursi yang bisa kuat menahan beban beban model levitasi. bisa juga menggunakan trampolin jika ada.

o Berpose seperti melayang di udara, dan gunakan mode burst untuk mengambil gambar secara berurutan.

2. Setting kamera

Pastikan settingan yang tepat dan fokus pada model. ada baiknya jika ambil gambar kosong terlebih dahulu sebelum memotret. Jika anda melakukannya sendirian, gunakan tripod dan timmer shutter anda.

Usahakan anda menggunakan pencahayaan yang sama agar tidak terlihat hasil editan dari gambar yang berbeda.

3. Proses Editing

Impor semua gambar di photoshop. Jika masih dalam format RAW, ubahlah menjadi Jpeg terlebih dahulu.

Crop model dan alat peraga lainnya Gunakan Pen Tool untuk menggambar jalur di sepanjang kontur model.

Lakukan seleksi dari jalur dengan mengklik kanan pada gambar. Tekan ctrl + X (command + X untuk mac) dan kemudian ctrl + v (command + V untuk mac) ini akan memotong seleksi dan menempatkannya pada layer terpisah di atas gambar.

4. Layer masking jika perlu

5. Untuk mengeluarkan tas kamera di depan, kita bisa gunakan metode layer masking. Karena kita tidak akan memindahkannya dari posisinya di adegan levitasi, lebih mudah untuk hanya melapisnya di bawah blank scene dan mengeluarkan tas di blank scene.

6. Mulai buat scene

Buka blank scene image. Buka file tempat asal memangkas model. Ctrl + klik pada layer di panel layer untuk memilih model. Tekan ctrl+C untuk mengcopy layer ini. Kembali ke file dengan blank scene dan tempelkan model di sini. Kita juga akan memiringkan posisi sedikit untuk memberikan efek yang lebih mengambang. Terus lakukan dengan semua alat peraga lainnya dan bawa ke scene.

7. Tambahkan sentuhan akhir

Crop dan buat scene tambahan jauh jika perlu. Kita akan meningkatkan struktur dan saturasi sedikit dengan menggunakan nik viveza (plugin Photoshop).

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here